PELATIHAN UNTUK PENERIMA BANTUAN PEREMPUAN TERKAIT KEAMANAN BANGUNAN DAN RUMAH SEHAT PROVINSI JAWA TIMUR

Halo Sobat NAHP!

 

17 Oktober 2022 lalu, melalui zoom meeting, telah dilaksanakan kegiatan rapat Persiapan Pelatihan untuk Penerima Bantuan BSPS Perempuan terkait Keamanan Bangunan dan Rumah Sehat.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Pembinaan Teknis Direktorat Rumah Swadaya, Kasubdit Wilayah I dan Kasubdit Wilayah III Direktorat Rumah Swadaya, Asisten Monev Bidang BSPS PIU NAHP, dan PPK Program Perumahan Terjangkau.

 

Semuanya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Juga hadir Tim Bank Dunia, dan Team KMP NAHP.

 

Pelatihan untuk Penerima Bantuan BSPS Perempuan ini dirasa perlu, mengingat ada fenomena yang muncul di lapangan bahwa perempuan kurang terlibat dalam kegiatan-kegiatan BSPS. Ada fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa terjadi perbedaan kualitas rumah Penerima Bantuan yang cukup jauh, antara rumah PB laki-laki dengan PB perempuan.

 

Untuk itu, dirasa perlu untuk memberikan pelatihan khusus kepada para perempuan ini seperti misalnya pengetahuan tentang kualitas konstruksi, sanitasi, maupun mitigasi bencana.

 

Sasaran pelatihan ini, selain perempuan sebagai penerima bantuan, juga ditujukan untuk para istri dari Penerima Bantuan, ataupun anak perempuan dari para Penerima Bantuan tersebut.

 

Sedangkan untuk pemilihan wilayah daerah yang akan menjadi pilot project pelatihan ini, akan dipilih wilayah-wilayah yang baik TA maupun TFL nya juga banyak yang perempuan.

 

Untuk tahap pertama telah dipilih Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. Yang kegiatannya bisa kita lihat pada video tayangan kita kali ini.

 

Berikut link video pada Instagram NAHP: https://www.instagram.com/p/CnWZzAWjSbx/