DESAIN KESETARAAN GENDER - PART 1

Contoh desain kesetaraan gender adalah yang mempertimbangkan pengalaman perempuan dan kebutuhan seperti:

 

1. Kesehatan ibu dan anak

Perempuan secara statistik lebih mungkin menjadi pengasuh utama bagi anak-anak kecil. Oleh karena itu, desain bangunan harus memungkinkan dan menumbuhkan tanggung jawab kepedulian di semua jenis kelamin. Aspek ini memainkan peran penting dalam perkembangan dan kesejahteraan ibu dan anak.

 

2. Aksesibilitas, non-diskriminasi, dan prioritas kelompok rentan

Perumahan yang memadai harus dapat diakses oleh kelompok rentan masyarakat, seperti lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, korban bencana alam dan juga perempuan. Oleh karena itu, perumahan harus memprioritaskan bantuan kepada kelompok-kelompok tersebut dan mempertimbangkan kebutuhan khusus mereka.

 

3. Tersedianya layanan, prasarana, dan fasilitas umum yang responsif gender

Rumah harus terhubung ke jaringan pasokan air, sanitasi, gas dan listrik: Di lingkungan itu, harus ada sekolah, taman kanak-kanak, klinik kesehatan, dan area olahraga dan rekreasi. Juga harus ada aksesibilitas ke transportasi umum, layanan kebersihan dan pengumpulan sampah, di antara layanan lainnya.

 

4. Lokasi yang memadai

Perumahan terletak di tempat yang menawarkan peluang untuk pembangunan ekonomi, budaya dan sosial. Ini berarti bahwa di lingkungan sekitar, harus ada tawaran pekerjaan dan sumber pendapatan, sarana mata pencaharian, transportasi umum, supermarket, ahli kimia, kantor pos dan sumber pasokan dasar lainnya.