4 INDIKATOR RUMAH LAYAK HUNI

Lebih jelasnya mengenai masing-masing indikator tersebut: Pertama, ketahanan atau keselamatan bangunan, yang meliputi pemenuhan standar keandalan komponen struktur dan kualitas komponen non-struktur bangunan.

Komponen struktur meliputi pondasi, sloof, kolom, balok, dan rangka atap. Sedangkan kualitas komponen struktur bangunan meliputi dimensi, campuran atau bahan bangunan, dan ikatan antar-komponen struktur. Adapun komponen non-struktur bangunan meliputi lantai, dinding, kusen dan daun pintu serta jendela, dan penutup atap.

Kedua, kecukupan luas tempat tinggal, meliputi pemenuhan standar ruang gerak minimum per orang untuk kenyamanan hunian. Kecukupan minimum luas per orang dihitung 7,2 meter persegi dengan tinggi ruang minimal 2,8 meter. Pemenuhan luasan rumah memperhatikan ketersediaan lahan dan kemampuan berswadaya.

Ketiga, akses sanitasi layak, meliputi bangunan sebagai sarana mandi cuci kakus beserta septic tank yang layak, tempat sampah, saluran pembuangan air kotor, dan sistem pembuangan air limbah. Sanitasi dapat berada di dalam rumah, halaman rumah, atau komunal dengan jarak yang terjangkau dan dapat melayani seluruh anggota keluarga.

Keempat, akses air minum layak, meliputi pemenuhan akses air minum yang mudah terjangkau dari sisi waktu atau jarak tempuh.

Selain empat indikator tersebut, RLH juga memenuhi syarat kesehatan yang terdiri atas pencahayaan dan penghawaan.

Sarana penghawaan minimal lima persen dari luas lantai ruangan berupa bukaan jendela dengan memperhatikan sirkulasi udara. Sarana pencahayaan minimal sepuluh persen dari luas lantai bangunan dengan memperhatikan sinar Matahari.

Tipologi rumah meliputi rumah tembok, setengah tembok, rumah kayu tapak, dan rumah kayu panggung. Bentuk rumah dapat berupa rumah tapak tunggal atau rumah deret dengan jumlah lantai satu atau lebih sesuai ketersediaan lahan dan indikator RLH.

Pemenuhan persyaratan RLH dengan mempertimbangkan kearifan lokal diperlukan untuk mengakomodir pemenuhan RLH bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tertentu.